Langsung ke konten utama

Story Of Us Part 22


"NILAI INTEGRITAS"
Menjelang ajalnya, seorang pria memanggil anak-anaknya dan menasihati mereka untuk mengikuti jejaknya: hidup dengan integritas*. “Semua ini agar kamu bisa punya kedamaian dalam setiap hal yang kamu kerjakan.”

Anak perempuannya memotong, "Ayah, betapa malang nasib kita, tidak punya tabungan di bank. Orang lain, yang dibilang korupsi dan pencuri dana masyarakat, malah meninggalkan rumah dan kekayaannya untuk keluarganya. Maaf, saya tidak akan mengikuti jejak ayah, biarkan saya menentukan garis kehidupan saya sendiri."

Beberapa saat kemudian, pria itu menghembuskan nafasnya yang terakhir.

Tiga tahun kemudian, anak perempuan ini, Sara, mengikuti interview di sebuah perusahaan internasional. Karena dinilai sangat potensial, Sara diwawancara langsung oleh pimpinan perusahaan. Setelah meneliti berkasnya, sang pimpinan bertanya tentang nama keluarganya, Smith. “Siapakah nama lengkap ayahmu?”
Sara menjawab perlahan, “Tom Smith, namun ayah saya sudah tiada.”

Pimpinan itu terhenyak. "Astaga, kamu anaknya Tom Smith! Hmm...” Ia lantas menoleh kepada HR Manager yang menyertai di sampingnya. “Ayahnya, Smith, adalah orang yang memberikan rekomendasi untuk saya dahulu, sehingga saya bisa berada di posisi ini saat ini. Ia melakukannya semua tanpa imbalan apa pun. Saya bahkan tidak tahu keluarganya, atau alamatnya. Ia tidak kenal saya, tapi ia memperlakukan saya dengan baik dan adil.”

Pimpinan itu menoleh pada Sara. “Mulai besok, kamu masuk kerja.”
Sara Smith diangkat menjadi Corporate Affairs Manager dengan berbagai fasilitas seperti transportasi, tempat tinggal yang lokasinya dekat kantor, serta tentu saja gaji yang layak.

Setelah dua tahun bekerja di perusahaan, seorang Managing Director mengundurkan diri dan memerlukan seorang pengganti yang tinggi integritasnya. Sara Smith langsung ditunjuk sebagai orang yang direkomendasikan.

Di dalam sebuah interview, wartawan bertanya apa rahasia dari kesuksesan seorang Sara Smith. Dengan tangis meleleh di pipinya, ia menjawab, “Ayah saya sudah membuat jalan bagi saya, untuk bisa sukses seperti ini. Baru setelah ia meninggal, saya mengetahui bahwa secara finansial dia miskin tapi ia sangat kaya di dalam hal integritas, rendah hati, disiplin, dan kejujuran.”
Wartawan pun bingung. “Lalu mengapa Anda menangis?”

Sara menjawab, “Pada saat terakhirnya, saya menyakiti hati ayah karena ia menjadi orang yang jujur, disiplin & penuh integritas. Saya harap ia memaafkan saya. Rasanya saya tidak bekerja apa-apa untuk kesuksesan saya ini. Semua adalah hasil karyanya, saya cuma melangkah masuk saja...”

Wartawan kemudian melanjutkan bertanya, "Apakah Anda akan mengikuti langkahnya, seperti permohonan menjelang ajalnya?"
Sara menjawab tegas, "Ya, saya sekarang sangat menghormatinya. Saya punya foto dirinya yang sangat besar di ruang tamu serta di depan pintu masuk rumah saya."

Apakah Anda seperti Tom Smith? Yang kelihatannya hidup sulit dengan mempertahankan integritas, kejujuran, disipilin. Jangan lelah! Walaupun mungkin banyak orang yang membuat iri, tetaplah pertahankan nilai-nilai itu. Reward itu pasti akan datang. Mungkin perlu waktu yang lebih lama? Mungkin pada anak cucu kita?

*) Integritas (sense of integrity) berasal dari kata dalam bahasa Latin integer yang bermakna "satu". Nilai integritas diartikan sebagai sebuah sikap mental yang menjunjung tinggi kesatuan yang erat terpadu; antara pikiran – perkataan – perbuatan.

Cerita ini disadur dari :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Story Of Us Part 17

Tidak Mudah Menyerah dan Putus Asa Artikel saya kali ini tentng kisah inspiratif seorang mahasiswa yang dibully oleh teman-teman dan ligkungan sekitarnya. Diharapkan para siswa dapat mengambil semangat, rasa tidak menyerah atau putus asa dari cerita ini. Selamat membaca. KisahTerbaik.Com - Cerita inspiratif ini dituliskan oleh Rina Febriyanti dengan judul " Jangan Menyerah ". Dalam karya ini ia menggambarkan tentang perjuangan hidupa yang suuh berkesan bagi segenap pembaca sekalian. Kita adalah mahluk Tuhan yang memiliki banyak potensi dalam diri, seringkali kita tidak menyadari atau mensyukuri apa yang sudah kita miliki, ketika kehidupan terasa sangat sulit kita kerap bertanya dalam hati dimana Tuhan saat kita membutuhkan. Kita selalu berfikir apa yang sebenarnya bisa kita lakukan untuk diri sendiri, keluarga dan oang lain? Jangankan untuk menolong orang lain hidup ku saja sudah sangat menyedihkan. Taukah bahwa iniah hidup yang ku alami dahulu berdasarkan k

Stoy Of Us Part 16

Sehat Jiwa dan Raga gaya hidup sehat bisa dimulai dengan hal-hal sederhana yang lho. Mengatur pola makan, kebiasaan hari-hari, pikiran dan lingkungan yang sehat termasuk bagian dari gaya hidup sehat. Menurut pakar kesehatan dari Amerika, Philip Kotler mengatakan pola hidup sehat dilakukan dengan aktivitas yang didukung oleh minat, keinginan dan pikiran, yang dijalaninya dengan berinteraksi pada lingkungan. Dari pengertian ini, gaya hidup sehat memang jadi pilihan yang tepat untuk memperoleh sehat secara jasmani juga rohani. Nah, di bawah ini terdapat 5 cara mudah menjaga kesehatan jiwa dan raga yang kami sadur dari  lifehack.org.  Simak yuk selengkapnya di bawah ini: 1.         Lakukan olahraga fisik dan otak Mulailah lebih sering olah raga fisik dengan hanya menggerakkan tubuh meskipun seperti jalan kaki 30 menit/hari, atau dengan lari kecil selama 15 menit. Rasakan  hormon endorfin  yang mengalir di tubuhmu, badan terasa lebih segar, Sobat! Tak hanya olahraga se

Story Of Us Part 21

INTEGRITAS Integritas yaitu konsistensi atau keteguhan yang tidak bisa tergoyahkan dalam menjunjung nilai-nilai keyakinan dan prinsip. Pengertian lain dari integritas adalah konsep yang menunjukkan konsistensi atau keteguhan perbuatan dengan nilai-nilai dan prinsip. Pada etika integritas bisa diartikan sebagai kebenaran dan kejujuran perbuatan yang dilakukan seseorang. Istilah integritas jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Terkadang orang masih awam atau tidak memahami arti kata ini, untuk itu istilah integritas memang berhubungan dengan sikap seseorang, sifat yang melekat pada pribadi seseorang. Pengertian integritas menurut KBBI adalah mutu, sifat, dan keadan yang menggambarkan kesatuan yang utuh, sehingga memiliki potensi dan kemampuan memancarkan kewibawaan dan kejujuran. Integritas memiliki fungsi sebagai berikut : Cognitive functions of integrity Yang mencakup kecerdasan moral dan self insight. Sedangkan self insight itu sendiri mencakup se